Job Seekers

Career seminar :

Setiap setahun dua kali sehari sebelum wisuda Universitas Alma Ata mengadakan seminar karir bagi calon alumni yang akan di wisuda pada hari berikutnya. Seminar ini bertujuan untuk menawarkan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dicapai oleh para lulusan baru itu melalui suatu seminar yang diharapkan dapat memberikan pencerahan, membuka cakrawala pandang, dan mempermulus jalan mereka menuju kesuksesan di masa depan.

A. Maksud, Tujuan Dan Sasaran

1. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya pengembangan alumni

2. Tujuan dari Kegiatan ini adalah:

a. Memberikan tambahan wawasan bagi para lulusan baru Universitas Alma Ata Yogyakarta tentang berbagai alternatif dan peluang pekerjaan atau kegiatan yang mungkin dilakukan setelah lulus studi;

b. Membangkitkan motivasi para lulusan baru Universitas Alma Ata Yogyakarta untuk berjuang meraih prestasi dan mewujudkan cita-cita mereka;

c. Membangun dan meningkatkan kepercayaan diri para lulusan baru Universitas Alma Ata Yogyakarta untuk menghadapi masa depan.

3. Sasaran dari kegiatan ini adalah agar para alumni atau lulusan baru Universitas Alma Ata Yogyakarta   mendapatkan wawasan akan berbagai alternatif dan peluang pekerjaan atau kegiatan yang memungkinkan dilakukan setelah lulus studi, dan oleh karenanya bangkitlah motivasi mereka untuk berjuang meraih prestasi dan mewujudkan cita-cita; bangkit pula kepercayaan diri mereka untuk menghadapi masa depan.

I. Materi dalam seminar sehari ini adalah sebagai berikut:

1. Achievement Motivation Training (AMT)

Merupakan sesi untuk memperkuat motivasi dan awareness akan pentingnya perencanaan dan kesigapan dalam proses mendapatkan pekerjaan. Dalam sesi ini trainer akan berupaya membangkitkan motivasi dari peserta untuk selalu bersikap proaktif dan tidak menunda-nunda atau bermalasan setelah mereka lulus.

2. How To Make Application Letter & CV

Sesi ini berisi tentang proses pembelajaran dalam pembuatan Curriculum Vitae & Surat Lamaran. Peserta akan dibimbing mengenali potensi dan kemampuan masing-masing serta cara menampilkannya dalam kalimat-kalimat yang mudah dipahami dan memiliki nilai persuasi yang tinggi.

 Job Interview Skill

Selanjutnya dalam menghadapi proses wawancara, seringkali jobseeker kurang memahai bebrapa aturan yang terkesan sepele, misalnya cara berpakaian dan bahasa tubuh. Selain itu, jobseeker terlihat kurang terampil mengemas jawaban serta kurang percaya diri mengungkapkan potensi yang dimiliki kepada interviewer.

Beberapa hal diatas akan menjadi materi dalam training. Peserta akan diberikan pemahaman mengenai sudut pandang pewawancara dengan latar belakangnya yang beragam.

3. Strategi Sukses dalam Kompetisi Dunia Kerja

Sesi ini akan memeberikan gambaran tantangan kerja di perusahaan dan berbagai pilihan karier yang ada. Peserta akan dibimbing dengan pemahaman yang lebih kuat tentang dunia kerja, akan diberikan sharing dan sesi interaktif yang akan membawa peserta ke dalam pemahaman dunia kerja yang sebenarnya.

4. Strategi Sukses Meraih Beasiswa Studi Lanjut

Memberikan wawasan peluang meraih beasiswa studi lanjut.

Career mentoring

Guna mendukung percepatan keterserapan lulusan Alma Ata didunia kerja maka career center alma Ata membuka career mentoring, dengan cara mengundang alumni yang sudah sukses berkarir sesuai bidang keahliannya.

Career Mentoring adalah sebuah kegiatan di mana para alumni Universitas Alma Ata yang telah berkarir pada berbagai industri melakukan mentoring kepada mahasiswa dan atau alumni yang belum bekerja (fresh graduate) agar memiliki wawasan yang luas mengenai karir di suatu industri tertentu.

Kegiatan tersebut diharapkan calon lulusan dapat gambaran secara komprehensif tentang dunia kerja dari alumni yang sudah bekerja sehingga para lulusan dapat menyiapkan diri mereka untuk menghadapi dunia kerja.